Selasa, 30 Oktober 2012

Sistem Operasi LINUX

          Saat ini pihak WINDOWS boleh berbangga karena sistem operasinya digunakan oleh banyak orang diseluruh dunia. Apalagi baru-baru ini pihak Microsoft telah merilis WINDOWS 8 dikarenakan mereka menyadari bahwa mereka telah tertinggal oleh para pesaingnya seperti Google dan Apple. Namun, LINUX saat ini sedang menjadi trend dikalangan masyarakat. Karena, saat ini banyak pengguna komputer ingin mencoba sesuatu yang baru dan ternyata LINUX dapat memberikan jawaban atas keinginan dari masyarakat. Dengan banyak sekali pilihan-pilihan yang ditawarkan dari LINUX beserta kelebihan masing-masing yang tidak kalah dengan OS lainnya. 


SEJARAH LINUX DAN LOGONYA


         Sistem operasi Unix dikembangkan dan diimplementasikan pada tahun 1960-an dan dirilis pertama kali pada tahun 1970. Faktor ketersediaannya dan kompatibilitasnya yang tinggi, menyebabkan dapat digunakan, disalin dan dimodifikasi secara luas oleh institusi akademis pada pebisnis.

         Logo Linux (Tux) dimulai saat Linus Torvalds sedang berjalan-jalan ditaman Perth. Saat sedang berjalan itulah Linus Torvalds dipatok oleh seekor pinguin dan demam selama berhari-hari. Ia berfikir bahwa karakter pinguin cocok untuk menjadi logo dari sistem operasi barunya itu. Maka diadakan sebuah kompetisi untuk mendesain logo linux yang baru. Dan kompetisi itu dimenangkan oleh Larry Ewing yang berhasil menggambarkan seekor pinguin yang sedang duduk.


SISTEM OPERASI LINUX

         Linux adalah open source yang bebas dan terbuka di bawah lisensi GNU (Sistem operasi komputer yang sepenuhnya terdiri dari perangkat-perangkat lunak yang bebas). Dan linux merupakan satu-satunya sistem operasi dalam kategori tersebut. Sistem operasi 32-64 bit, merupakan sistem operasi turunan dari Unix dan dapat dijalankan pada berbagai macam platform perangkat keras mulai dari Intel (x86), hingga processor RISC.

      Linux telah lama dikenal untuk penggunanya di server dan tentunya didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti Intel, Dell, IBM, Red Hat, Oracle Corporation, Hewlett-Packard dan Sun Microsystems . Linux digunakan sebagai sistem operasi diberbagai macam jenis perangkat keras seperti komputer (termasuk komputer desktop), sistem benam (pembaca buku elektronik), sistem permainan (PS 2, PS 3 dan XBox).    

Linux merupakan salah satu open source yang gratis dan Linux terkenal karena hal tersebut. Dengan lisensi GNU, kita dapat memperoleh program-program lengkap dengan source code. Tidak Hanya itu, kita juga mendapatkan hak untuk memperbanyak (copy) sebanyak apapun yang kita mau dan mengubah kode sumbernya tanpa ada istilah pembajakan. Tentunya itu semua legal dibawah naungan lisensi. Meskipun gratis, lisensi GNU memperbolehkan pihak yang ingin menarik biaya untuk penggandaan maupun pengiriman program. 

      Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kita dapat memperoleh linux tanpa harus membayar sama sekali. Jika kita harus membayar tiap kali instal perangkat lunak di lain komputer, maka dengan Linux kita dapat menginstalnya dimana saja tanpa harus membayar lisensi.

     Keterbukaan source code juga memungkinkan sistem operasi berkembang dengan pesat. Pada program lain hanya menggunakan sistem tertutup dan hanya dikembangkan oleh vendor tertentu. Sedangkan linux, code sumber yang terbuka dan dikembangkan oleh sukarelawan di seluruh dunia. 

        Sebagai tambahan, Linux menyediakan bahasa pemrograman yang gratis dan lengkap dengan kompilernya maupun program pembantunya. Beberapa diantaranya adalah ADA, BASIC, Expect, Fortran dan masih banyak lagi. 










1 komentar: